Balon Kades Seleksi Tambahan, 3 Poin Ini Harus Mereka Persiapkan

  • Whatsapp

BELITUNG, lintasbabel.com – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung, mengadakan rapat teknis Bakal Calon (Balon) terkait pelaksanaan seleksi tambahan, Kamis (10/3/2022).

Bacaan Lainnya

Seleksi tambahan Balon Kepala Desa untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak itu rencananya akan berlangsung pada 17 Maret mendatang.

Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, DPPKBPMD, Antonio Apriza, pada rapat itu mereka menjelaskan kepada seluruh Balon Kades yang hadir tentang peraturan yang akan mereka ikuti.

“Sesuai dengan ketentuan Permendagri 112 Pasal 25, yang turun pada Perda 10 Tahun 2015 Pasal 33. Bahwa seleksi tambahan berlangsung secara bersama-sama panitia desa dan panitia kabupaten,” ujar Antonio.

Seleksi tambahan ini berfungsi untuk menjaring Balon Kades yang lebih dari 5 nama dari tiap masing-masing desa.

“Ada 3 kriteria penilaian. Tertulis 30%, Pemaparan Visi Misi 30% dan Wawancara 40%. Tapi secara umum dari 3 tahapan seleksi tahapan ini sudah mengakomodir kententuan pemendagri 112 Pasal 25. Terkait dengan usia, pendidikan dan pengalaman bekerja di lembaga pemerintahan,” tandasnya.

Termasuk juga ketentuan tambahan yang tertuang dalam Pergub 14 Tahun 2016. Yaitu kepemimpinan, pengetahuan keadaan masyarakat dan pengetahuan pemerintahan.

“Kenapa kita jelaskan terlebih dahulu, agar para bakal calon bisa mempersiapkan diri untuk Tanggal 17 pelaksanaan seleksi tambahan,” tukasnya.

Pada seleksi tambahan ini, panitia kabupaten hanya menyeleksi dan melakukan perangkingan. Yang kemudian penetapan calonnya tetap menjadi kewenangan panitia desa,” katanya.

Selanjutnya, pada Tanggal 23 Maret, akan ada penetapan calon. Yang selanjutnya pengundian nomor urut dan kampaye Pilkades damai oleh 5 calon kepala desa dari hasil seleksi tambahan tersebut,” pungkasnya.


Ayo yang mau tau perkembangan berita Babel milik lintasbabel.com bisa klik link di bawah ini :

Facebook

WhatsApp

Telegram

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.