Habis Bongkar Muat, Batu Split Berceceran Sepanjang Jalan Sudirman

  • Whatsapp

BELITUNG, lintasbabel.com – Dari mulai pelabuhan hingga sepanjang Jalan Sudirman banyak ceceran batu split yang cukup membahayakan pengguna jalan, Senin (14/3/2022).

Batu-batu kecil yang bentuknya tajam itu kemungkinan bertebaran di jalan sejak Minggu (13/4), semalam.

Menurut keterangan Kepala Bidang Pengolahan sampah dan limbah B 3, Dinas Kebersihan Kabupaten Belitung, Yasa Sp. M.iL, batu-batu tersebut berasal dari pengangkutan perusahaan PT Cakra, hasil bongkar muat di Pelabuhan Tanjungpandan.

“Dua malam yang lalu, Pelindo ada memberitahu bahwa rencana ada pembongkaran batu split. Kami tunggu informasi dari yang punya, dalam hal ini Cakra atau Dalai, ternyata Cakra. Kami tunggu tidak ada konfirmasi bahwa ada pembongkaran,” tukas Yasa.

Pihak DLH sendiri mengetahui banyak batu split yang berceran di jalan itu dari Polisi Lalulintas yang mendatangi mereka. Bukan dari pihak perusahaan.

“Dak lama, Polantas sudah datang (memberi tahu batu split banyak di jalan), baru lah dari Cakra nelpon ke DLH untuk minta bantuan bersihin ini,” katanya.

Akan tetapi, kata Yasa, mereka cukup kesulitan membersihkan batu-batu yang bertebaran di Jalan itu. Ini karena trafik lalulintas yang cukup padat pada saat siang hari.

Kemungkinan pembersihan batu-batu baru dapat selesai sekitar sore hari. Dan pada malam ini kata Yasa, pihak Cakra akan ada pengangkutan kembali.

Jika melihat dari dampak ceceran batu tersebut, sebenarnya patut dipertanyakan apakah perusahaan sudah menerapkan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) yang ditetapkan.

“Ini bahaye kalau ada kecelakaan. Yang taunye orang ini kebersihan (Dinas Lingkungan Hidup),” tandas Yasa.

“Untuk perusahaan, kalau ada pembongkaran, segala macam cepat menghubungi kami. Artinya udah kejadian seperti ini baru hubungi kami akhirnya repot semua kan. Termasuk kami, dengan kondisi nyapu dengan padet seperti ini repot kami,” imbuhnya.


Ayo yang mau tau perkembangan berita Babel milik lintasbabel.com bisa klik link di bawah ini :

Facebook

WhatsApp

Telegram

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.